ISI WEBINAR ANAK CERDAS BERSAMA DR. NGURAH BENI SETIAWAN

Pelatihan Hidroponik Bandung

ISI WEBINAR ANAK CERDAS BERSAMA DR. NGURAH BENI SETIAWAN

August 23, 2021 Hidroponik 0

ISI WEBINAR ANAK CERDAS BERSAMA DR. NGURAH BENI SETIAWAN (AYAHANDA RAYNER SI ANAKNGENIUS)

Alhamdulillah Minggu 22 Agustus 2021 telah diselenggarakan sharing ilmu tentang mendidik anak yang sangat mencerahkan bersama DR. Ngurah Beni Setiawan.

Bagi ibu/bapak yang belum mengenal Rayner anak baru umur 9 tahun, namun kemampuan mencerna science jauh melampaui usianya, ini salah satu contohnya: https://youtu.be/FtD4h9EMv3E

Sharing sekitar pola asuh bagaimana sih caranya bisa punya anak se genius Rayner?

Berikut saya sampaikan beberapa point yang sempat saya catat, mohon maaf banyak kelewat sebab rekaman gagal.

Pada prinsipnya semua anak punya potensi cerdas bahkan genius, meski manakanan utama ya seperti biasa nasi, sayur, tahu, tempe, ikan asin, terkadang lalap pete/jengkol ha….ha…

Nah…pengalaman bli Beni sungguh sangat menarik dan saya pribadi meski usia diatas beliau dan bergerak dibidang pendidikan sedikitnya 26th, namun saya banyak belajar dari bli Beni.

Baiklah kita mulai:
1. Utamakan kebahagiaan anak. Kebanyakan orang tua, termasuk saya (BJ) ingin anaknya cerdas bahkan genius, keterima di perguruan tinggi yang prestigius di dunia, sehingga mendapatkan penghidupan yang layak, maka hidupnya kelak akan bahagia, walaupun hasilnya belum tentu. Berbeda dengan bli Beni yang justru menekankan kebahagian anak. Setiap menjemput anak2 pulang sekolah Apa yang membuatmu bahagia di sekolah hari ini nak?

Bukanya ditanya Kamu belajar apa nak hari ini, kamu bisa? Dapat nilai apa? Dlsb dengan mengesampingkan anak bahagia atau tidak selama proses di sekolah tadi.

Jadi bahagia duluan, cerdas dll belakangan, sehingga bahagia sepanjang hidupnya sementara kecerdasanya mengikutinya!

2. Berikan ruang dan waktu yang cukup untuk anak. Anak2 betul2 membutuhkan ruang dan waktu yang cukup. Berikan kesempatan seluas-luasnya untuk observasi & mengeksplore ketertarikan dan kompetensi dirinya. Rayner banyak difasilitasi buku2 dan juga video, ternyata yang paling menarik baginya adalah science, maka berkembang menjadi seperti hari ini. Menjadi host scienclopodia yang sungguh sangat menarik dan mencerahkan.

3. Kemampuan orang tua mendengarkan anak. Kebanyakan orang tua, banyak bicara/nasehat dan sedikit mendengar, walaupun tentu saja niatnya sangat baik, untuk mengarahkan anak agar tidak salah langkah. Padahal dengan memberikan kesempatan anak berbicara, bertanya, mereka sudah bisa mengarahkan dirinya sendiri dengan enjoy, happy dan tanpa tekanan dari pihak manapun.

4. Tidak memaksakan apa yang kita pikir baik. Tentu sebagai orang tua kita memiliki nilai-nilai tertentu yang telah kita yakini baik untuk kehidupan anak/cucu kita. Namun cara yang demokratis, yang membahagiakan anak akan lebih manusiawi, sehingga tidak terjadi over school, namun under educated sebagaimana (mohon maaf) telah terjadi pada dunia pendidikan anak-anak Indonesia selama ini. Hmmmm

5. Nikmati proses apapun Apapun yang kita alami selama proses membesarkan anak cucu kita, nikmati, bikin happy saja.

6. Genius itu apa? Genius bukan seperti apa yang saya atau kebanyakan orang bayangkan, yang memulu kerja otak, melainkan seberapa adaptif seorang anak, seberapa tangguh mengadapi berbagai macam perubahan yang sungguh sangat tidak menentu.

Tentu masih banyak lagi point yang dibahas dalam webinar, tapi mohon maaf karena keterbatasan, itu point-point penting yang saya sempat catat.

Yang jelas ungkapan kasih sayang orang tua terhadap anak versi bli Beni sangat mendasar & lebih realistis, lebih tulus dan ikhlas sebab dilihat dari kepentingan anak, bukan kepentingan orang tua. Sementara kebanyakan orang tua justru sebaliknya.

Setelah saya renungkan baik2, oh….pantesan Rayner begitu happy dan begitu genius? Padahal bli Beni kuliah di Geofisika ITB dan Doktornya di Imperial College London, kapan kuliah bidang pendidikanya ya? Tapi bli Beni bagi saya jelas-jelas Doktor Pendidikan dengan hasil nyata, bukan Doktor Teori Pendidikan! ha…ha…

Referensi yang tadi siampaikan bli Beni:
1. https://www.amazon.com/Range-Generalists-Triumph-Specialized-World/dp/0735214484

2. https://www.amazon.com/How-Children-Succeed-Paul-Tough/dp/0544104404

Dua buku ini memberikan pandangan bahwa resiliensi, menjadi tangguh, adaptif, gigih sangatlah penting untuk dibentuk pada anak-anak.

Silahkan bergabung di WAG disini: https://chat.whatsapp.com/HhqYBm04XoG71A4Y3meR5T untuk bisa saling sharing seputar Anak Bahagia, Anak Cerdas

Saya yakin menginspirasi, memotivasi, bermanfaat & barokah. Aamiin

BJ, Bandung, 23 Agustus 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *