PIANIS GEORGE HARLIONO YANG CERDAS MUSIKAL

Pelatihan Hidroponik Bandung

PIANIS GEORGE HARLIONO YANG CERDAS MUSIKAL

August 22, 2021 Hidroponik 0

“PIANIS GEORGE HARLIONO YANG CERDAS MUSIKAL”

Sekitar th 1993-an (27 tahun lalu) saya mengenal teori Multiple Intelligences dari Howard Gardner, dosen Kognisi & Pendidikan Harvard University yang menyatakan bahwa kecerdasan manusia mencakup: 1. Kecerdasan Verbal-Linguistik, 2. Kecerdasan logika-matematika, 3. Kecerdasan spasial, 4. Kecerdasan gerak-kinestetik, 5. Kecerdasan musikal, 6. Kecerdasan intrapersonal, 7. Kecerdasan interpersonal, 8. Kecerdasan naturalis, dan 9. Kecerdasan eksistensial.

Teori Gardner ini melegakan banyak pihak & lebih realistis, sebab sebelumnya kecerdasan manusia hanya dilihat dari IQ-nya saja. Belakangan malah berkembang EQ, SQ dll

Saat saya SMP-SMA tahun 1976-1982 teori Gardner belum muncul, anak2 sekolah hanya yang nilai matematik, fisika, kimia, biologi hebat saja yg disebut cerdas, sementara yang pandai musik, olah raga, melukis, tari dll tidak disebut cerdas. Ungkapan yang sering muncul justru Dia memang jago main bola, tapi otaknya dedel. Dia jago main musik, tapi nilai raportnya merah semua dlsb. Anak2 SMA IPA dianggap lebih hebat dari pada anak IPS, rasanya itu masih sangat terasa hingga saat ini. Berbeda dengan di Jerman dimana sejak SMA sudah ada jurusan Bahasa, Musik dll. Efek spychologis rasa minder di segala bidang sangat mendalam, saya jg mengalami & sangat merasakan.

George Harliono salah satu contoh yang cerdas musikal dalam teori Gardner tersebut, terlihat dibawah ini.

George Harliono saat umur 11th, memainkan karya Beethoven Waldstein Sonata No. 22. Movement ke 3, C Major di Station Kereta Api London yang banyak orang lalu lalang, pengumuman2 di Sation, sangat bagus untuk melatih konsentrasi. Kejadian Tgl 17 Oktober 2014 sebagaimana berikut.
https://youtu.be/KmDONLP_ldw

Untuk anak umur 11 tahun, itu permainan musik yang sangat mengagumkan, virtuoso. Kalau saya ingat masuk jurusan Musik IKIP Jakarta, setelah lulus SMA th 1982 baru mulai belajar Beyer, Duvernoy, Burgmueller jauh bener dibanding G Harliono ha…ha….

George Harliono memang hobby berlatih ditempat keramaian, banyak orang berlalu lalang, bahkan ping pong: https://youtu.be/DiEKbaI9eIE
Mungkin, disamping agar tidak jenuh, juga latihan konsentrasi dan sekaligus agar semakin dikenal banyak orang. Untuk menjadi pianis profesional harus berlatih setidaknya 10 jam sehari sejak usia 3 tahun!

Permainan George 26 September 2020 (6 tahun setelah bermain di Station Kereta London), Beethoven Sonata No. 18 in E Flat Major The Hunt Op. 31 No. 3 seperti ini: https://youtu.be/Pz9UHnHyk4Y

Ini live performance George Harliono saat meraih gelar Bachelor di Royal College of Music (RCM) London, memainkan Piano Concerto No. 2 Op. 18 karya Rachmaninov, Tgl 14 Agustus 2021 baru lalu: https://youtu.be/BTLLkZ8_x6E

Ibu/bapak, kakek/nenek, dengan demikian kita tidak perlu minder anak-anak/cucu-cucu kita tidak/kurang cerdas dibidang eksakta, yakini mereka punya kecerdasan lain yang jika dipupuk dan dibina akan menjadi maestro yang berkelas dibidangnya.

Minggu Tgl 22 Agustus 2021 jam 10.00 s/d 12.00 jangan lupa kita ketemu anak Genius (Rayner) host scienclopodia yang dahsyat itu: https://youtu.be/KLdVrZq601M bersama ayahandanya DR. Ngurah Beni Setiawan via zoom ya?

Kita tentu akan banyak gali informasi ke Bli Beni, bagaimana ceritanya punya anak yang begitu Genius? Bagaimana nutrisinya? Pola asuhnya? Dll apa yang berbeda dengan pola asuh anak/cucu kita?

Silahkan bergabung di WAG disini: https://chat.whatsapp.com/HhqYBm04XoG71A4Y3meR5T link zoom akan kami share di group.

P. Dafid akan kasih hadiah Nzpro-51 yang sangat penting bagi kecerdasan anak/cucu kita loh!

Saya yakin menginspirasi, memotifasi, bermanfaat & barokah. Aamiin

BJ, Bandung, 21 Agustus 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *