CARA MENGATASI LUMUT DI PRALON HIDROPONIK

Pelatihan Hidroponik Bandung

CARA MENGATASI LUMUT DI PRALON HIDROPONIK

May 29, 2021 Hidroponik 0

CARA MENGATASI LUMUT DI PRALON HIDROPONIK

Ibu/bapa khususnya para hidroponiker, saya kenal betul kesulitan para hidroponiker mengatasi lumut, yang memperburuk kualitas tanaman itu. Pralon dilepas lem di ujung2nya, kemudian membuat alat penyogok dari bambu kecil atau pralon 1/2 inchi yg ujungnya dikasih kain, spon atau serabut besi, sikat wc dll, pralon disogok2 dengan air sabun sampai bersih terkadang masih dibantu disemprot dengan air yg cukup deras, baru pralon yg sudah bersih dipasang lagi dan tentu saja di lem lagi. Merepotkan dan melelahkan kan?

Jika kompartement ukuran kecil misalnya 60 lobang tanam atau lebih, yg meliuk2 dari atas ke bawah, tentu lebih repot lagi. Atau ya Terpaksa Pakai Bahan Kimia!, Citric Acid (Asam Sitrat) dll

Enzact-01 yang utamanya, Berfungsi untuk memperbaiki ekosistem pada air, dengan konsep “AIR BISA MEMPERBAIKI DIRINYA” sehingga air akan menjadi lebih sehat, jernih, dan tidak berbau. Aktivator Enzim (Enzact) berfungsi untuk membantu penguraian sisa makanan dan kotoran ikan sehingga ekosistem ikan menjadi sehat. Menghasilkan ikan yang berkualitas tinggi, tidak berbau lumpur dan cita rasa tinggi. Juga mampu untuk membersihkan Kerak Air detailnya bisa dibaca disini:
https://www.bjcentre.com/2021/05/25/cara-mengatasi-kerak-air-minum-dengan-enzact-01/

Mohon dibaca juga: https://www.bjcentre.com/2021/05/27/perbaiki-kualitas-minum-makan-kita-yuk/

Kesimpulan dari 2 tulisan tersebut sebagai berikut:
1. Untuk mengatasi kerak air sumur, ambil 1 liter air sumur diberi 10 tetes Enzact-01, lalu dituang ke sumur, diamkan semalam, insyaAlloh kerak air yg ada di pralon akan hilang secara bertahap, dan air sumur lebih segar dan sehat. Jika 1 kali belum berhasil sebab kandungan besi atau mineral lain terlalu tinggi bisa diulang sampai beberapa kali.

2. Untuk mengatasi kerak air sumur bor atau PDAM yg di tampung dulu dalam Torn, berikan 4 tetes Enzact-01 ke dalam Torn setiap 1.000 liter (1 kubik). Diamkan setidaknya 4 jam, insyaAlloh kerak air dalam pralon bersih perlahan. Tentu saja setiap air dalam Torn yg sudah diberi Enzact-01 habis dan air torn diisi ulang, diulang lagi pemberian Enzact-01 nya (bukan sekali treatment untuk selamanya). Kerak air akan mengendap di dasar Torn. Silahkan di kontrol dan jika sudah terlalu banyak, kerak air harus dikuras total agar air menjadi segar dan sehat (tidak sampai mengkonsumsi kerak air).

3. Air minum dalam galon (20 liter) cukup diberi 2 tetes Enzact-01 dan bisa langsung diminum, tanpa harus menunggu.

Selain itu, tentu saja Enzact-01 juga untuk membersihkan lumut di pralon & gully hidroponik dll, langkahnya mudah saja:
1. Tandon nutrisi diisi air biasa (tanpa nutrisi ABmix atau lainya) 1.000 liter diberi 10 tetes Enzact-01.

2. Air yg sudah diberi enzact diputar/dijalankan seperti biasa, setidaknya 5 jam, agar seluruh lobang pralon terkena air yg sudah diberi Enzact-01 secara merata.

3. Setelah air diputar, usahakan air menggenang penuh di masing-masing pralon dengan cara menutup diujung-ujung pralon, sebab jika yg terkena air yang sudah diberi Enzact-01 hanya setengahnya (bagian bawah untuk system DFT) lumut dibagian atas pralon, tidak bisa bersih.

4. Disentor dengan air yg deras, insyaAlloh lumut bersih. Jika belum berhasil sebab lumut terlalu banyak/parah, bisa diulangi lagi sampai bersih.

Untuk kompartemen kecil ukuran 60 lobang tanam dst yang tandon airnya 100-200 liter lakukan cara yg sama dengan Enzact-01 cukup 5 tetes. Hasilnya? Lihat foto terlampir.

Dengan demikian Enzact-01 bisa membantu untuk ternak ikan, air minum lebih sehat dan segar, pembersih kerak air, lumut dll

Saya yakin menginspirasi, memotivasi, bermanfaat dan barokah. Aamiin

BJ, Bandung, 29 Mei 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *