PEMBIBITAN LELE DENGAN PROBIOTIK & ENZACT01 MODEL SUWARDI - BJ CENTRE

PEMBIBITAN LELE DENGAN PROBIOTIK & ENZACT01 MODEL SUWARDI

Pelatihan Hidroponik Bandung

PEMBIBITAN LELE DENGAN PROBIOTIK & ENZACT01 MODEL SUWARDI

June 16, 2020 Hidroponik 2

PEMBIBITAN LELE DENGAN PROBIOTIK & ENZACT01 MODEL SUWARDI

Senin 15 Juni 2020, sy sempat2kan silaturohim ke sahabat lama saya p. Suwardi di Batujajar Bandung yg setiap bulan memproduksi jutaan bibit lele dengan probiotik buatan sendiri sejak th 2005.

Kombinasi Probiotik buatan p. Suwardi dengan Enzact01 buatan p. Dafid, benar2 dahsyat!

Beberapa point penting saya sampaikan dibawah ini:

1. P. Wardi experiment kombinasi menggunakan probiotik buatanya yg baunya sangat sedap (bau tape) air kolam dalam hitungan bulan dan bahkan tahun tidak pernak diganti. Lalu diantara kolam2 pembibitan yg ada ditambahkan Enzact01 ada yg baru 2 hari, 4 hari dan 2 minggu, air semakin encer, semakin jernih dan ikan semakin lincah. https://youtu.be/B2q9FOEZqng

Jadi Enzact benar2 terbukti melipat gandakan bakteri yg di support dari probiotik, maka kinerja bakterinya lebih efisien dan cepat, air jadi encer karena penguraian bahan organik nya lebih sempurna.

Itu bukti bahwa Enzact bukan bakteri tapi Enzym yg bisa masuk ke inti sel bakteri dan menjadikan bakteri menjadi super kuat!

2. PH air saat pakai probiotik p. Wardi sekitar 7,2 setelah dikasih Enzact01, 8,4. Dengan Enzact01, PH air naik karena penguraian limbah kotoran ikannya cepat dan energi nya bikin hangat air kolam.

Pengalaman p. Dafid, PH air di lahan gambut bisa meningkat saat pakai enzact tanpa penggunaan kapur.

Lahan gambut PH 2 sampai 4, dengan Enzact dalam waktu 1 bulan bisa ke PH. 6

Kalau asam maka air nya kental karena kotoran tidak terurai sempurna. Itulah sebabnya bibit ikan p. Suwardi yg sudah dikasih Enzact01 jauh lebih lincah dibandingkan yg belum pakai Enzact.

3. Suhu dasar kolam saat jam 03.00 pagi sebelum pakai Enzact paling hanya 19-20 C°, begitu memakai Enzact di jam yg sama mencapai diatas 23-24 C°

Saat kunjungan saya ke kolam p. Suwardi yg sudah pakai Enzact sekitar jam 16.00 Suhu 26,1 C°, lihat video berikut: https://youtu.be/tyg_Xpxs2AA

Kenapa suhu di dasar kolam lebih hangat dibanding sebelum pakai Enzact, karena ada kinerja bakteri yg sangat dahsyat di dalam air kolam.

4. Dengan Enzact01(Selain Probiotik buatan p. Suwardi), Ikan jauh lebih sehat dan saat proses pengiriman, bisa mengurangi resiko kematian. Cukup 1 tetes per 10 liter air kiriman bibit, untuk mengatasi amonia supaya tidak mencemari air.

5. Kolam bibit lele p. Suwardi sekitar 50% pakai naungan dan 50% lagi tanpa naungan, sehingga kena panas dan hujan seperti tampak dalam video ini: https://youtu.be/mRP3UUCxt1I

P. Suwardi membuka sekitar 50% kolam, sebab sempat dicurigai para peternak lele lain “Pantesan bagus, sebab pakai naungan sih!”. Ternyata tanpa naungan tetap bagus, apalagi setelah memakai Enzact01 walaupun baru diberi selama 3 hari saja.

Bibit lele setelah selesai terkena hujan deras seperti tampak dalam video ini:
https://youtu.be/CULQuW21psE

Video2 kunjungan sy ke p. Suwardi langsung saya upload di youtube langsung viral, tgl 17 Juni 2020 p. Suwardi langsung mendapat kunjungan bbrp pejabat militer yg sangat care dibidang Ketahanan Pangan sebagaimana tampak dalam foto!

Apa rencana team BJ Centre ke depan?

Benar sekali, kami insyaAlloh akan membuat Training Lele Sehat (Selain Ikan Mas dll) skala rumah tangga dengan metode baru yg blm pernah ada di sekolah/kuliah perikanan maupun masyarakat, yg sangat simple, tingkat keberhasilan yg sangat tinggi dan pendampingan secara terus menerus sebagaimana yg sdh dilakukan BJ Centre selama ini (hidroponik, ayam, puyuh dll), sehingga harga jual minimal 2 kali lipat dari harga pasaran.

Team BJ Centre saat ini sedang trial pembesaran budidaya lele hingga 1/2 kg sampai dengan 1 kg per ekor Lele Jendral! ha…ha…. Kalau hanya target pecel lele tdk mudah berkembang, sbb saingannya terlalu banyak dan umumnya menghalalkan segala cara dengan dikasih bangkai ayam dan bangkai apapun untuk menghemat biaya pakan sehingga keuntungan peternak jauh lbh besar. Masyarakat tahunya Lele itu ya lele sebagaimana umumnya tanpa peduli bagaimana dipelihara, bagaimana kandungan nutrisinya (hasil uji labnya) dll.

Oleh sebab itu Lele Sehat BJ Centre membidik segmen khusus, naik kelas ke premium. Produksi fillet ukuran minimal 1/2 s/d 1kg per ekor sebagaimana di Eropa, menjadi steak lele, harga tentu sangat bagus, dan peternak (skala rumah tangga sekalipun) bisa sejahtera!

Jadi komunitas Lele Sehat BJ Centre kelak membeli lele dari peternak ukuran 8 – 10 ekor per kg (sudah berkurang sifat kanibalnya) lalu di pelihara dengan Probiotik Suwardi & Enzact01 Dafid selama 2-4 bulan, akan menjadi lele yg kualitasnya diatas standard dunia (USDA Nturient Database for Standard Reference) sebagaimana ayam sehat, puyuh sehat dll. Persiapan team BJ Centre untuk pembesaran 200 ekor lele di dalam kolam D 1,7 mtr, mulai ukuran 8-10 sampai nanti 1/2 kg s/d 1kg per ekor lihat video berikut:

Penasaran pingin segera ikut trainingnya? Sabar dulu ya! InsyaAlloh setelah Kelinci & Ikan Mas, baru lele! Semoga tahun 2021 sudah terlaksana! Kan kami harus pastikan dulu bahwa Lele Sehat Memang Kelas Dunia atas dasar uji lab! Setuju?

Ayo gabung di telegram group Lele Sehat BJ Centre dulu disini:
https://t.me/joinchat/QLCUnhz2BDlBLfTP6L2PEA

BJ, Bandung 16 Juni 2020

2 Responses

  1. Dharmajaya says:

    Saya ikut lele

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *