KELUARGA P. MUH ASY’ARI AKBAR KETUA PONDOK PESANTREN MINHAJURROSYIDIN PONDOK GEDE, MAKAN AYAM SEHAT BERSAMA DI WAJAN - BJ CENTRE

KELUARGA P. MUH ASY’ARI AKBAR KETUA PONDOK PESANTREN MINHAJURROSYIDIN PONDOK GEDE, MAKAN AYAM SEHAT BERSAMA DI WAJAN

Pelatihan Hidroponik Bandung

KELUARGA P. MUH ASY’ARI AKBAR KETUA PONDOK PESANTREN MINHAJURROSYIDIN PONDOK GEDE, MAKAN AYAM SEHAT BERSAMA DI WAJAN

November 1, 2019 Hidroponik 0

“KELUARGA P. MUH ASY’ARI AKBAR KETUA PONDOK PESANTREN MINHAJURROSYIDIN PONDOK GEDE, MAKAN AYAM SEHAT BERSAMA DI WAJAN”!

Ibu Siti Muntamah (Istri p. Ari ketua Pondok Pesantren Minhajurrosyidin, Pondok Gede dengan hampir 2.000 santri) adalah alumni pelatihan ayam sehat di Bandung tgl 28 September 2019.

Sebagaimana 52 orang peserta umumnya, ibu Siti Muntamah mendapat starterkit berupa Kandang Kecil (30×45 cm), DOC ayam pedaging kualitas super 10 ekor, Pakan 2,5kg, Enzact120 sebotol. Genap sebulan, Alhamdulillah panen dengan kualitas yg sangat dahsyat! Tentu bu Siti tdk sendiri, para alumni lain jg heboh menunjukan hasil peternakanya yg memang amazing!

Mau lihat hebohnya keluarga p. Ari? Ini dia:
https://youtu.be/rlPUyAbfY3k

Saking lezatnya, sampai lupa memindahkan ke wadah dan meja makan, ludes berebut di wajan ha….ha….:https://youtu.be/H4PGISjV0CY

Alangkah barokahnya jika murid2 p. Ari yg jumlahnya ribuan dan terus menerus silih berganti dan menyebar ke seluruh Indonesia dan bahkan manca negara, mendapat pembekalan beternak ayam sehat (juga bidang food agriculture lainya) yg begitu sangat sederhana (minumnya cuma ditambah Enzact saja), dimasaknya jg sangat mudah, digoreng dengan maupun tanpa minyak + garam dan jeruk limau saja sdh sangat dahsyat! Gizi akan terpenuhi dan sehat kelas dunia!

Betapa tidak kelas dunia? Berdasarkan hasil uji lab (MBrio), daging ayam sehat mengandung: Protein tinggi (29,69), lemak rendah (11,97), Omega3 (1,11), Omega 6 (1,96), Omega 9 (4,99), bebas kolestrol dan bebas antiotik maupun obat2an kimia apapun!.

Jika pondok2 pesantren, panti2 asuhan, boarding school dan sejenisnya di seluruh tanah air, para santri belajar beternak, menanam sayur dan buah hidroponik (Urban Farming umumnya) di pesantren masing2 yg umumnya sangat luas, cost dapur insyaAlloh akan sangat turun drastis & jaminan makan enak, lezat bergizi tinggi serta mencerdaskan akan menjadi menu keseharian! Sekaligus menginspirasi untuk berwira usaha dibidang food agriculture yg peluanganya sungguh unlimited.

Apalagi jika feses, sampah dapur di olah dengan biodigister sebagaimana di BJ Centre dan tentu untuk pesantren diperlukan yg jauh lbh besar dan permanen, gas tidak usah beli, atau setidaknya mengurangi kebutuhan gas dengan sangat drastis. Pupuk biogasnya bisa dijual utk menambah penghasilan pondok dan belajar wirausaha bagi para santri, misalnya 25rb/liter dikalikan 100 liter saja sudah 2,5jt. Dugaan saya sehari bisa menghasilkan ratusan liter. https://youtu.be/tPVHDwetWO4

Jadi di pesantren para santri Tidak hanya bina rukyah, tapi jg bina rupiah!

Sebagian disodaqohkan ke para tetangga, sehingga hubungan dengan para tetangga menjadi sangat baik, lingkungan sekitar menjadi rindang, hijau, sangat menyegarkan.

Apalagi jika di sekitar pondok dibangun beberapa mini green house secara bertahap, para santri manghafal Al Quran, saling menderas hasil pengajian, saling diskusi, di kebun sayur, buah dll, akan sangat menyenengkan, kerasan di pondok. Lihat contohnya video ini, namun dalamnya utk belajar bersama :
https://youtu.be/V_7NCYSg1y4

Pesantren kelak jauh lebih menarik dibandingkan Farming Office Pasona di Jepang:
https://youtu.be/ON9d2rPq6YY

Disisi lain sekaligus berkontribusi langsung terhadap ketahanan bahkan kedaulatan pangan bangsa negara kita.

Pondok pesantren seperti Minhajurrosyidin dengan sekitar 2.000 santri, hanya diperlukan sekitar 10 Kandang model BJ Centre ukuran P2, L1, T2 mtr (4 Tingkat), biaya anggap saja per kandang 50jt setidaknya bisa utk 5th, modal bulanan (DOC, Pakan, Enzact paling mahal 27jt) sudah menghasilkan 1.000 Ekor/bulan, para santri bisa menikmati 1/10 ekor ayam, setiap 5 hari sekali. Secara bertahap bisa ditingkatkan jika ingin setiap hari pingin menikmati daging ayam sehat.

Para santri setelah terjun ke masyarakat mengajak para jamaah utk beternak 10 ekor ayam saja. Ya tidak usah muluk2, jika setiap rumah tangga beternak 10 ekor, maka setiap 3 hari sekali bisa masak ayam sehat! https://youtu.be/RR0ke8UB9Cg

Kemandirian pangan setiap keluarga, akan berkontribusi langsung terhadap kedaulatan pangan bangsa!

JADWAL PELATIHAN AYAM
1. Bandung, 23 Nopember
2. Bogor, 14 Desember
3. Surabaya, 28 Desember

Semoga menginspirasi, memotivasi, bermanfaat dan barokah. Aamiin

BJ, Bandung 2 Nopember 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *