DIREKTUR SDM PT. PJB SURABAYA (BP SUHARTO), JAGOAN NANAM KANGKUNG

Pelatihan Hidroponik Bandung

DIREKTUR SDM PT. PJB SURABAYA (BP SUHARTO), JAGOAN NANAM KANGKUNG

January 24, 2019 Hidroponik 0

Alhamdulillah, setiap hari sy dapat berbagai berita dahsyat dari para alumni HBJC (Hidroponik BJ Centre) maupun pelatihan lain (Budidaya Puyuh), suatu kebahagiaan tersendiri. Kabar dahsyat itu Diantaranya dari bapak Suharto, direktur PT. Pembangkitan Jawa Bali (PLN). Beliau membuka acara saat pelatihan hidroponik tgl 30 Desember 2018, dan bersama istri tercinta menjadi Murid yg baik.

P. Harto sebagaimana peserta lain, saat pulang pelatihan mendapat oleh2 Microgreens Pakchoy dan mencoba bagaimana cara makan Microgreens dengan sentuhan lokal sebagaimana dalam link video berikut: https://youtu.be/luZ_PwKqm_k

Video lanjutanya ini: https://youtu.be/5skzZ3osFMc

Sktr 3 minggu kemudian (23 hari), kangkung p. Harto dengan mengandalkan Maksigrow & ABmix hasilnya luar biasa hebat! Sebagaimana tampak dalam foto! Top!

Profesi apapun, menanam merupakan hal yg sangat penting, sebagaimana mengembala ternak memerlukan kesabaran, ketekunan, intuisi, leadership, profesionalisme, kasih sayang, hati yg tulus ikhlas dll utk berlatih agar mampu memimpin org lain scr lbh baik. Lulusan dari perguruan tinggi pertanian terkemuka sekalipun blm tentu bisa menanam, jk menanamnya tidak pakai hati. Ini seiring dengan hasil penelitian DR. Masaru Emoto tentang Kristal air. Kata2, gambar, video & tindakan positif akan menghasilkan kristal2 air yg sangat menakjubkan, sebaliknya akan menghasilkan tampilan yg mengerikan. Lihat link video berikut ini: https://youtu.be/au4qx_l8KEU

Maka bercocok tanam menjadi bagian yg sangat penting dalam system pendidikan modern di sekolah2 negara2 maju, ini contohnya:
https://youtu.be/02VTT6bqLDg

Lihat jg yg ini:
https://youtu.be/qkX-AVB9a1I

Di Indonesia, ketika sy SD di th 70an (lulus SD 1975), masih mengalami menanam dan mengurus tanaman di halaman sekolah, bahkan sekolah2 tertentu betul2 terjun ke sawah nanam padi. Kini? Tinggal kenangan! Bahkan ketika sy menjadi Konsultan Kurikulum Depdikas, ketika mengusulkan agar menanam dimasukan kembali dalam Kurikulum, teman2 ahli kurikulum merespons Sekolah2 Tidak Punya Sawah Pak BJ! ha…ha…benar jg, sayang sekali saat itu sy belum punya ilmu dan pengalaman berhidroponik, dimana cara menanam sungguh sangat berbeda!

Nah…jelas kan? Training Agrobisnis di BJ Centre itu Tidak hanya sekedar belatih menanam, melainkan pengetahuan, pengalaman yg comprehenship, membangun komunitas positiv dan yg penting Pendampingan Terus Menerus Sampai Berhasil, melalui medsos maupun Temu Alumni Setiap Bulan! InsyaAlloh tdk ada pelatihan yg sedemikian itu di tempat lain! Tanyakan kepada orang2 yg pernah mengikuti pelatihan di BJ Centre (www.bjcentre.com)

BJ, Bandung 24 Januari 2019

DIREKTUR SDM PT. PJB SURABAYA (BP SUHARTO), JAGOAN NANAM KANGKUNG

DIREKTUR SDM PT. PJB SURABAYA (BP SUHARTO), JAGOAN NANAM KANGKUNG

DIREKTUR SDM PT. PJB SURABAYA (BP SUHARTO), JAGOAN NANAM KANGKUNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *